Thursday, January 7, 2016

HASIL OBSERVASI PAUD



 HASIL OBSERVASI
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TK/TPA/KB ISLAM TAMAN FIRDAUS
Disusun Guna Memenuhi Tugas
                               Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini       
Dosen Pengampu : Drs. H. Muslam, M.Ag, M.Pd.


Disusun Oleh :
Ismi Nur Lailil M.     (1403036075)

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini  Bapak Drs. H. Muslam, M.Ag, M.Pd, yang sudah memberikan tugas kepada saya agar dapat mengobservasi secara langsung di lembaga PAUD. Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari Yayasan Bina Insan Kamil Taman Firdaus TPA, KB dan TK Jatingaleh Semarang.
Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      H. Sudarta selaku Pengurus Yayasan Bina Insan Kamil Taman Firdaus TPA, KB dan TK yang sudah memberi izin untuk observasi
2.      HJ. Yanti Sudarta selaku Kepala Sekolah PAUD, TK Taman Firdaus.
3.      Selaku guru kelas PAUD/KB/TPA dan TK yang sudah membantu.
4.      Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan laporan ini saya berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, saya menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu saya mengharap saran dan kritik yang membangun untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan agar dapat membuat laporan yang baik lagi.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Wassalamualaikum warohmatullhi wabarokatuh.
                                                                                   Semarang, 12 Desember 2015
                                                                                                Hormat saya,

                                                                                                 Ismi Nur Lailil M.
                                                                                                                                                                                                                   
DAFTAR ISI

LAMAN JUDUL .................................................................................................................. i
KATA PENGANTAR .......................................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ iii
VISI DAN MISI ................................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................................... 1
A.    Latar Belakang ..........................................................................................................1
B.      Rumusan Masalah ....................................................................................................2
C.      Tujuan Masalah ....................................................................................................... 2
D.     Metode Observasi ................................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN ..........................................................................................4
A.    Sejarah Berdirinya Paud Taman Firdaus ..................................................................4
B.      Letak dan Keadaan Paud Taman Firdaus .................................................................4
C.     Dukungan Lingkungan Sekitar Paud Taman Firdaus ...............................................5
D.    Pengelompokkan Peseta Didik .................................................................................5
E.     Kegiatan Proses Pembelajaran Paud Taman Firdaus ...............................................5
F.      Kurikulum Pembelajaran Paud Taman Firdaus ....................................................... 8
G.    Pengelolaan Administrasi .........................................................................................9
H.    Kegiatan para Operasional di Paud Taman Firdaus ................................................10
I.       Perabot Alat Peraga Edukatif di Paud Taman Firdaus ............................................10
J.       Pendaftaran Calon Peserta Didik di Paud Taman Firdaus .......................................12
BAB III PENUTUPAN ............................................................................................13
A.    Kesimpulan ..............................................................................................................13
B.     Saran ........................................................................................................................13
BAB IV KATA PENUTUP ......................................................................................14
LAMPIRAN- LAMPIRAN ......................................................................................15

 VISI DAN MISI
KB, TK ISLAM TAMAN FIRDAUS

Visi
Membentuk generasi Islam yang cerdas, berani, kreatif, dan berakhlaq mulia.

Misi
1.      Menanamkan nilai agama sejak dini dengan kegiatan yang menyenangkan
2.      Mengembangkan kreatifitas anak dengan berbagai media pembelajaran
3.      Mengembangkan kemampuan dasar anak melalaui kegiatan bermain yang menyenangkan
4.      Mengembangkan kemampuan sosial, emosional dan kerjasama melalui kegiatan yang menarik.





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG OBSERVASI
Observasi merupakan suatu kegiatan mengamati, melihat serta menganalis suatu kegiatan dan seperangkat informasi yang diperoleh dengan menggunakan indera. Hasil dari observasi akan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, walaupun objek yang diamati sama. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan dan pengetahuan dari subjek observasi juga berbeda-beda.
Pendidikan anak usia dini sendiri tidak ditekankan kepada pemberian stimulus pengayaan pengetahuan anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas anak dan sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan kepribadian anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama islam. Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat, untuk menciptakan generasi yang berkualitas.
Pendidikan harus dilakukan sejak usia dini, yaitu pendidikan yang di tunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Sebagai jenjang pendidikan, paud merupakan pendidikan yang di selenggarakan sebelum pendidikan dasar 9 tahun. Hal tersebut bertujuan menyiapkan anak-anak usia dini siap memasuki jalur pendidikan dasar selanjutnya dengan bekal kesiapan mental dan ajaran agama islam yang diajarkannya. Dalam laporan observasi ini dibahas mengenai penyelenggaraan PAUD/TK TAMAN FIRDAUS.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah terbentuknya lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
2.      Bagaimana letak dan keadaan lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
3.      Bagaimana dukungan masyarakat sekitar.?
4.      Bagaimana pengelompokkan anak pada lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
5.      Bagaimana proses  pembelajaran di lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
6.      Apa kurikulum yang digunakan di lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
7.      Bagaimana pengelolaan administrasi di lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
8.      Apa kegiatan operasional dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
9.      Apa saja peralatan edukatif yang digunakan dalam lembaga PAUD Taman Firdaus.?
10.  Bagaimana pendaftaran calon peserta didik di lembaga PAUD Taman Firdaus.?

C.    TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan observasi ini memiliki beberapa tujuan, antara lain;
1.    Untuk mengetahui sejarah terbentukan lembaga paud di Islam Taman Firdaus
2.  Untuk mengetahui penentuan letak dan keadaan di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
3.    Untuk mengetahui dukungan lingkungan sekitar di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
4.  Untuk mengetahui bagaimana cara pengelompokan peserta didik di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
5.   Untuk mengetahui proses pembelajaran di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
6.  Untuk mengetahui kurikulum yang digunakan di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
7.  Untuk mengetahui pengelolaan administrasi di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
8.   Untuk mengetahui kegiatan operasional di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
9.  Untuk mengetahui peralatan apa saja yang digunakan peserta didik dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
10.  Untuk mengetahui bagaimana pendaftaran calon peserta didik di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.

  D.    METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan informasi dalam observasi saya menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.      Metode wawancara yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
2.      Metode pustaka, yaitu memperoleh landasan teori dengan maksud untuk digunakan dalam pembahasan masalah.
3.      Metode pengamatan yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek.
Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti pembelajaran yang ada di KB TK Taman Firdaus, khususnya kegiatan dikelas PAUD, TK, KB dari awal hingga berakhirnya KBM.

BAB II
HASIL OBSERVASI

A.    Sejarah Terbentuknya lembaga PAUD Taman Firdaus.
Awal dari berdirinya PAUD Taman Firdaus berawal dari Bapak Sudarta dan Bunda Yanti Sudarta selaku (pendiri/penggagas) PAUD Taman Firdaus yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT untuk dapat mendirikan sebuah lembaga paud agar dapat menularkan ilmunya dengan sebaik mungkin dan bermanfaat. Modal dari awal hanya dari pihak keluarga yang bertanggung jawab atas berdirinya lembaga paud ini, dulu sebelum paud bertempat di rumahnya sendiri beliau menyewa ruko di dekat puskesmas jatingaleh untuk tempat pembelajaran paud selama 2 tahun. Setelah masa menyewanya habis beliau dan sekeluarga bermusyawarah mau dipindahkan kemana tempat pembelajarannya. Akhirnya di putuskan bahwa tempat pembelajarannya akan dilangsungkan di rumahnya sendiri.
Dalam lembaga paud ini di bina dengan keislaman yang kuat agar dapat membuat peserta didik cerdas, berani, kreatif dan berakhlak mulia. PAUD Taman Firdaus berdiri pada tahun 2011 di ruko sementara yang semua modal awal dari pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bp Sudarta pada tahun 2013 hingga sekarang.

B.     Penentuan berdirinya lembaga PAUD Taman Firdaus.
a.       Letak TK dan PAUD Taman Firdaus
Letak PAUD Islam Taman Firdaus terletak di Jalan Jatingaleh 1 No. 284 Kel. Ngesrep Kec. Banyumanik Semarang
b.      Keadaan TK, PAUD, dan KB Taman Firdaus
Keadannya sudah cukup baik sebagai wilayah edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri, terdiri atas tiga ruang belajar untuk ruang kelas TK A, ruang kelas TK B dan ruang kelas KB/TPA, ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan masyarakat seperti kejar paket ataupun pelatihan keterampilan, toilet, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif dalam artian baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.

C.     Dukungan Lingkungan PAUD Taman Firdaus
Dukungan lingkungan sekitar PAUD Taman Firdaus sudah cukup baik dapat mengkondisikan bahwa ada proses pembelajaran di kampung halaman yang mereka tempati. Pertamanya juga cukup mengkhawatirkan atas perilaku masyarakat sekitar dan akhirnya dapat memahami keadaan. Yang dilakukan pihak keluarga sebelum proses pembelajaran pindah di rumah sendiri mereka meminta izin kepada masyarakat sekitar bahwa akan ada proses pembelajaran di sekitar rumah mereka dari berlangsungnya KBM sampai selesai dan akhirnya masyarakat menyetujui proses pembelajaran tersebut dipindahkan di rumah Bp. Sudarta.

D.    Pengelompokkan Peserta Didik di PAUD Taman Firdaus
Lembaga Islam Taman Firdaus terdiri dari 3 kelas, yaitu:
1.      TPA untuk anak yang berusia 1- 3 tahun
2.      KB untuk anak yang berusia 3-4 tahun
3.      Kelas A untuk anak yang berusia 4-5 tahun
4.      Kelas B untuk anak yang berusia 5-6 tahun
PAUD ini berbasis kereligiusan, karena melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang lebih tua yang mulai menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu juga mendirikan TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan kurikulum Permendiknas No.23 tentang PAUD.

E.     Kegiatan Proses Pembelajaran
Program Pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD Taman Firdaus adalah :
1.      Pendidikan Akhlaq
2.      Pendidikan Akademis dan Bahasa
3.      Pendidikan Jasmani
4.      Kreatifitas dan Sains
5.      Drum band, Tari, gambar dan class cooking
6.      Outing Class
Proses pembelajaran untuk anak berusia 3-4 tahun hanya masuk mengikuti proses pembelajaran setiap hari senin sampai kamis. Dan untuk anak berusia 4-6 tahun mengikuti proses pembelajaran dari hari sanin sampai sabtu. Berikut jadwal-jadwal pembelajaran TK Islam Taman Firdaus.
JADWAL PEMBELAJARAN
TK dan PAUD ISLAM TAMAN FIRDAUS

HARI
KELOMPOK A
KELOMPOK B
KB
SENIN
PERSIAPAN
BALOK
SENI
SELASA
SENI dan BAC
PERSIAPAN
PERSIAPAN
RABU
BAHASA
BAHASA
BAC
KAMIS
BALOK
SENI dan BAC
IMTAQ
JUMAT
IMTAQ
IMTAQ

SABTU
FUN DAY
FUN DAY


JADWAL HARIAN
TK dan PAUD ISLAM TAMAN FIRDAUS
WAKTU
KEGIATAN
ISI KEGIATAN
07.00 – 07.30
Sapa Pagi
Ngaji Yuk
Menjemput dan Menyapa Anak
IQRO’
07.30 – 08.00
Ayo Berbaris
Fisik Motorik
 Lagu
 Ikrar
08.00 – 08.30
Kegiatan Pembuka
Doa
Asmaul husna
Tadarus
Absen
Cerita
Membuka kalender.
08.30 – 09.30
Kegiatan Inti
Penjelasan Tema
Aturan Main
Belajar seraya bermain disentra
09.30 – 10.00
Istirahat
Makan Bersama
10.00 – 10.30
Kegiatan Penutup
Pesan Guru
Lagu
Hafalan doa dan hadits
Doa pulang

PROGRAM KEGIATAN
TAHUN 2015 / 2016
NO
KEGIATAN
PELAKSANAAN
SEMESTER I
1
PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN
15 Agustus 2015
2
MANASIK HAJI
12 September 2015
3
PERAYAAN IDUL ADHA (PAWAI)
19 September 2015
4
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN
24 September 2015
5
PERAYAAN TAHUN BARU HIJRIYYAH (PAWAI)
13 Oktober 2015
6
OUTING CLASS KE GOA KREO
21 November 2015
SEMESTER II
7
GOSOK GIGI WITH FORMULA
11 Februari 2016
8
OUTING CLASS KE PERWIL
19 Maret 2016
9
LOMBA HARI PENDIDIKAN
2 Mei 2016
10
REKREASI AKHIR TAHUN
28 Mei 2016

Berdasarkan pengamatan saya, strategi pembelajaran yang digunakan para guru di PAUD Taman Firdaus adalah strategi demonstrasi, strategi bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi penugasan.




F.      Kurikulum PAUD Islam Taman Firdaus
Kurikulum yang digunakan PAUD Islam Taman Firdaus adalah;
1.      Kurikulum Tahun 2004 sesuai dengan standar dinas dan Permendiknas No.58 yang berisi;
1.      Pengembangan Nilai Agama dan Moral
2.      Pengembangan Sosial-emosional dan Kemandirian
3.      Pengembangan Kognitif, Bahasa dan Seni.
2.      Kurikulum Khas Taman Firdaus
1.      Qur’an dan Hadits
2.      BTQ dan Qiroati
3.      Bimbingan Akhlaqul Karimah.


SILABUS KURIKULUM KHUSUS
Kelompok A Semester I
Hafalan Al-Qur’an
Hafalan Hadits
Hafalan Do’a
Kalimat Thayyibah
Al-Fatihah
An-Naas
Al-Falaq
Al-Ikhlas
Al-Lahab
Al-Asr
Tentang senyum
Jangan marah
Menuntut ilmu
Menutup aurat
Kasih sayang
Sebelum makan
Sesudah makan
Sebelum tidur
Bangun tidur
Untuk Orangtua
Basmalah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih

Kelompok A Semester II
Hafalan Al-Qur’an
Hafalan Hadits
Hafalan Do’a
Kalimat Thayyibah
An Nashr
Al Kautsar
Al Quraisy
Al Maun
Menyebar salam
Tentang surga
Kebersihan
Tentang sholat
Persaudaraan

Kebaikan dunia-akhirat
Masuk rumah
Keluar rumah
Masuk dalam WC
Keluar dari WC
Tahmid
Istighfar
Istisna’



Kelompok B Semester I
Hafalan Al-Qur’an
Hafalan Hadits
Hafalan Do’a
Kalimat Thayyibah
Al Kafirun
Al Fiil
Al Humazah
At Takasur

Berbuat baik
Jangan makan sama berdiri
Mencuci tangan
Menggosok gigi
Niat
Naik kendaraan
Berpakaian
Bercermin
Masuk masjid
Keluar masjid
Basmallah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih


Kelompok B Semester II
Hafalan Al-Qur’an
Hafalan Hadits
Hafalan Do’a
Kalimat Thayyibah
Al Qodr
Al Qoriah
At-tiin
Al Insyiroh
Adab berkendaraan
Ilmu menuju surga
Jangan berdusta
Keutamaan belajar Al-Qur’an
Sesudah berwudlu
Selesai adzan
Menjenguk orang sakit
Mendengar petir
Penutup majlis
Tahmid
Istighfar
Istisna’


G.    Pengelolaan Administrasi
Dalam proses administrasi pada awalnya secara suka relawan dari orang tua murid. Namun dengan memberikan pengertian, saling terbuka antara pihak pengelola dengan orang tua murid dan kesadaran dari orang tua murid dulunya membayarnya suka relawan maka sekarang sudah ditentukan.
Untuk pengelolaan administrasi masih dipegang langsung oleh kepala sekolah yang merupakan pendiri dari PAUD Taman Firdaus setiap sebulan sekali paling lambat tanggal 10.  Juga diadakan membayar infaq, shodaqoh dan menabung. Selain dana dari orang tua murid untuk menambah penghasilan untuk uang kesejahteraan guru yang mengajar pengelola juga membuka koperasi sekolah.

H.    Kegiatan Operasional TK dan PAUD Islam Taman Firdaus
1.      Kegiatan Siswa
Berdasarkan hasil observasi saya, untuk siswa TK masuk pada jam 07.00 WIB, siswa PAUD dan KB/TPA masuk pada pukul 07.30 WIB. Anak-anak datang sebelum jam masuk dengan diantar oleh keluarganya. Anak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti yang sudah  diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor. Anak-anak pulang pada pukul 10.30 sedang khusus KB/TPA akan di tunggu sampai pukul 14.00 WIB setiap harinya.
2.      Kegiatan Guru
Jumlah guru yang mengajar ada 4 orang, dengan masing masing kelas satu  guru. Guru membersihkan dan menata ruang kelas kemudian baru memulai pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor baru kemudian pulang. Berikut adalah jadwal guru yang sudah ditetapkan;

JADWAL KEGIATAN GURU
HARI
KEGIATAN
SENIN
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
SELASA
SENI (MENYANYI, MENARI)
RABU
TADARUS
KAMIS
KKG SEKOLAH/ GUGUS
JUMAT
JUMAT BERSIH
SABTU
INSIDENTAL

3.      Kegiatan Orang Tua / Pendamping
Siswa datang dengan diantar orang tua mereka, karena demi keselamatan anak-anak mereka. Setelah anak-anak diantar orangtua atau pendamping langsung pulang, karena tidak diperbolehkan anak sedang belajar ditunggu sampai pembelajaran selesai, gunannya untuk melatih anak-anak berani dan menunmbuhkan rasa percaya diri pada dirinnya. Setelah jam KBM selesai baru orangtua kembali ke sekolah untuk menjemput anak-anak, apabila ada yang belum dijemput anak tersebut tetap disekolah menunggu sampai jemputan datang.

I.       Penyiapan Perabot Alat Peraga Edukatif
Dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus terdapat alat-alat permainan indoor dan outdoor yang digunakan untuk bermain peserta didik.

1.      Alat Permaninan Indoor;
1.      Gambar presiden dan wakil presiden
2.      Gambar pancasila
3.      Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
4.      Poster bergambar sholat 5 waktu
5.      Poster bergambar huruf hijaiyah
6.      Poster bergambar tata cara wudhu
7.      Poster bergambar nama hari-hari
8.      Poster bergambar angka
9.      Poster bergambar rukun islam
10.  Almari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
11.  Tempat duduk dan meja siswa
12.  Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
13.  Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
14.  Funny blocks (alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna yang berbeda.
15.  Alat mencocok
16.  Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle gambar buah)
17.  Balok susun
18.  Dan lain-lain

2.      Alat Permainan Outdoor.
1.      Ayunan (ayunan gantung dan ayunan geser)
2.      Prosotan
3.      Jungkat-jungkit
4.      Jembatan pelangi
5.      Bola dunia
6.      Kuda-kudaan dari kayu
7.      Dan lain-lain

J.       Pendaftaran Calon Peserta Didik
Calon peserta didik mendaftar sesuai dengan bulan yang sudah ditentunkan di akhir semester genap biasannya dilakukan sebelum tahun ajaran baru. Syarat pendaftaran yang ada pada PAUD Islam Taman Firdaus sebagai berikut;
1.      Membayar uang pendaftaran
2.      Mengisi formulir pendaftaran
3.      Mengumpulkan foto copy akte kelahiran
4.      Berusia minimal 2 tahun untuk Kelompok Bermain
5.      Berusia minimal 4 tahun untuk Kelompok A
6.      Berusia minimal 5 tahun untuk Kelompok B


 BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Dari observasi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1.   Lembaga PAUD/KB/TPA/TK didirikan dan di kelola oleh suatu Yayasan Bina Insan Kamil.
2.    Guru – guru yang mengajar di PAUD/KB/TPA/TK sudah mempunyai pendidikan yang sesuai untuk jadi guru.
3.      Anak – anak di TK sudah lebih besar sekitar umur 4-6 tahun.
4.      Anak – anak di PAUD/KB/TPA sekitar umur 3-4 tahun.   
5.      Fasilitas dan sarana prasarana di PAUD/KB/TPA/TK sudah lengkap.
6.      Proses pembelajaran di PAUD/KB/TPA/TK sudah teratur dan disiplin.
7.   Kurikulum yang sudah dibuat di PAUD/KB/TPA/TK sangat baik dan membuat peserta didik lebih cerdas dalam belajar.

B.     SARAN
Dari analisis observasi, saya mempunyai saran untuk Yayasan PAUD/KB/TPA/TK Islam Taman Firdaus. Mudah- mudahan saran ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar di Taman Firdaus:
Saran dari penulis antara lain: 
1.   Sebaiknya TK lebih menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga murid- murid nyaman dan senang dalam belajar.
2.     Adanya hubungan baik antara guru dan wali murid.
3.  Lebih bisa disiplin waktu dan bisa mengatur waktu yang efektif sehingga pembelajaran berjalan baik.
4.  Pengelolaan yang baik perlu di tingkatkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
5.  Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar proses pembelajaran.



BAB IV
PENUTUP

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di dapat di Yayasan PAUD/KB/TPA/TK Islam Taman Firdaus dapat terselesaikan dengan lancar. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan saya butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Sebagai penutup dari laporan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak- pihak yang membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya minta maaf dan saya mengharapkan saran serta kritik yang membangun. Demikian hasil observasi yang saya buat, semoga laporan hasil observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

 
LAMPIRAN DOKUMENTASI





























1 comment:

  1. BELAJAR DARI LAP. OBS TK INI, TERIMAKASIH BERBAGI ILMU, SEMOGA HASIL KARYA DALAM OBSESERVASI TK BERMANFAAT MASLAHAH BAGI UMAT

    ReplyDelete