HASIL OBSERVASI
PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI
TK/TPA/KB
ISLAM TAMAN FIRDAUS
Disusun
Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Manajemen
Pendidikan Anak Usia Dini
Dosen
Pengampu : Drs. H. Muslam, M.Ag, M.Pd.
Disusun
Oleh :
Ismi Nur Lailil M. (1403036075)
MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis
laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan kepada Dosen
Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini
Bapak Drs. H. Muslam, M.Ag, M.Pd, yang sudah memberikan tugas kepada
saya agar dapat mengobservasi secara
langsung di lembaga PAUD. Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari Yayasan Bina Insan
Kamil Taman Firdaus TPA, KB dan TK Jatingaleh Semarang.
Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima
kasih kepada yang terhormat :
1.
H. Sudarta selaku Pengurus Yayasan Bina
Insan Kamil Taman Firdaus TPA, KB dan TK yang sudah memberi izin untuk
observasi
2.
HJ. Yanti Sudarta selaku Kepala Sekolah
PAUD, TK Taman Firdaus.
3.
Selaku guru kelas PAUD/KB/TPA dan TK yang
sudah membantu.
4.
Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan
laporan ini saya berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, saya menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan. Untuk itu saya mengharap saran dan kritik yang membangun untuk
menjadi masukan dan sebagai tambahan agar dapat membuat laporan yang baik lagi.
Atas perhatiannya
saya ucapkan terima kasih. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak
yang berkepentingan.
Wassalamualaikum
warohmatullhi wabarokatuh.
Semarang,
12 Desember 2015
Hormat saya,
Ismi
Nur Lailil M.
DAFTAR ISI
LAMAN JUDUL
..................................................................................................................
i
KATA
PENGANTAR ..........................................................................................................
ii
DAFTAR ISI
........................................................................................................................
iii
VISI DAN MISI
...................................................................................................................
iv
BAB I
PENDAHULUAN
....................................................................................................
1
A.
Latar Belakang
..........................................................................................................1
B.
Rumusan Masalah
....................................................................................................2
C.
Tujuan Masalah .......................................................................................................
2
D.
Metode
Observasi
...................................................................................................
3
BAB II
PEMBAHASAN ..........................................................................................4
A.
Sejarah Berdirinya Paud Taman Firdaus
..................................................................4
B.
Letak dan Keadaan Paud Taman Firdaus
.................................................................4
C.
Dukungan Lingkungan Sekitar Paud Taman Firdaus
...............................................5
D.
Pengelompokkan Peseta Didik
.................................................................................5
E.
Kegiatan Proses Pembelajaran Paud Taman Firdaus
...............................................5
F.
Kurikulum Pembelajaran Paud Taman Firdaus
....................................................... 8
G.
Pengelolaan Administrasi .........................................................................................9
H.
Kegiatan para Operasional di Paud Taman Firdaus
................................................10
I.
Perabot Alat Peraga Edukatif di Paud Taman Firdaus
............................................10
J.
Pendaftaran Calon Peserta Didik di Paud Taman Firdaus
.......................................12
BAB III
PENUTUPAN
............................................................................................13
A.
Kesimpulan
..............................................................................................................13
B.
Saran
........................................................................................................................13
BAB IV KATA
PENUTUP
......................................................................................14
LAMPIRAN-
LAMPIRAN
......................................................................................15
VISI DAN MISI
KB, TK ISLAM TAMAN
FIRDAUS
Visi
Membentuk generasi
Islam yang cerdas, berani, kreatif, dan berakhlaq mulia.
Misi
1.
Menanamkan nilai agama sejak dini dengan
kegiatan yang menyenangkan
2.
Mengembangkan kreatifitas anak dengan
berbagai media pembelajaran
3.
Mengembangkan kemampuan dasar anak
melalaui kegiatan bermain yang menyenangkan
4.
Mengembangkan kemampuan sosial,
emosional dan kerjasama melalui kegiatan yang menarik.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG OBSERVASI
Observasi merupakan suatu kegiatan mengamati, melihat serta menganalis
suatu kegiatan dan seperangkat informasi yang diperoleh dengan menggunakan indera. Hasil dari observasi akan
berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, walaupun objek yang diamati sama.
Hal ini disebabkan karena pelaksanaan dan pengetahuan dari subjek observasi
juga berbeda-beda.
Pendidikan anak usia
dini sendiri tidak ditekankan kepada pemberian stimulus pengayaan pengetahuan
anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas
anak dan sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan kepribadian
anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama islam. Pada hakikatnya
belajar harus berlangsung sepanjang hayat, untuk menciptakan generasi yang
berkualitas.
Pendidikan harus
dilakukan sejak usia dini, yaitu pendidikan yang di tunjukkan bagi anak sejak
lahir hingga usia 6 tahun. Sebagai jenjang pendidikan, paud merupakan
pendidikan yang di selenggarakan sebelum pendidikan dasar 9 tahun. Hal tersebut
bertujuan menyiapkan anak-anak usia dini siap memasuki jalur pendidikan dasar
selanjutnya dengan bekal kesiapan mental dan ajaran agama islam yang
diajarkannya. Dalam laporan observasi ini dibahas mengenai penyelenggaraan
PAUD/TK TAMAN FIRDAUS.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana sejarah terbentuknya lembaga
PAUD Islam Taman Firdaus.?
2.
Bagaimana letak dan keadaan lembaga PAUD
Islam Taman Firdaus.?
3.
Bagaimana dukungan masyarakat sekitar.?
4.
Bagaimana pengelompokkan anak pada
lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
5.
Bagaimana proses pembelajaran di lembaga PAUD Islam Taman
Firdaus.?
6.
Apa kurikulum yang digunakan di lembaga
PAUD Islam Taman Firdaus.?
7.
Bagaimana pengelolaan administrasi di
lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.?
8.
Apa kegiatan operasional dalam lembaga
PAUD Islam Taman Firdaus.?
9.
Apa saja peralatan edukatif yang
digunakan dalam lembaga PAUD Taman Firdaus.?
10. Bagaimana pendaftaran calon peserta didik di lembaga PAUD Taman Firdaus.?
C.
TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan observasi ini memiliki beberapa tujuan, antara lain;
1. Untuk mengetahui
sejarah terbentukan lembaga paud di Islam Taman Firdaus
2. Untuk mengetahui
penentuan letak dan keadaan di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
3. Untuk mengetahui
dukungan lingkungan sekitar di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
4. Untuk mengetahui
bagaimana cara pengelompokan peserta didik di dalam lembaga PAUD Islam Taman
Firdaus
5. Untuk mengetahui
proses pembelajaran di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
6. Untuk mengetahui
kurikulum yang digunakan di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
7. Untuk mengetahui
pengelolaan administrasi di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
8. Untuk mengetahui
kegiatan operasional di dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus.
9. Untuk mengetahui
peralatan apa saja yang digunakan peserta didik dalam lembaga PAUD Islam Taman
Firdaus.
10.
Untuk mengetahui
bagaimana pendaftaran calon peserta didik di dalam lembaga PAUD Islam Taman
Firdaus.
D.
METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan informasi dalam observasi saya menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.
Metode wawancara yaitu pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden
yang menjadi narasumber.
2.
Metode pustaka, yaitu memperoleh
landasan teori dengan maksud untuk digunakan dalam pembahasan masalah.
3.
Metode pengamatan yaitu pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang
menjadi objek.
Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti pembelajaran yang
ada di KB TK Taman Firdaus, khususnya kegiatan dikelas PAUD, TK, KB dari awal
hingga berakhirnya KBM.
BAB II
HASIL OBSERVASI
A.
Sejarah Terbentuknya lembaga PAUD Taman
Firdaus.
Awal dari
berdirinya PAUD Taman Firdaus berawal dari Bapak Sudarta dan Bunda Yanti
Sudarta selaku (pendiri/penggagas) PAUD Taman Firdaus yang mendapatkan hidayah
dari Allah SWT untuk dapat mendirikan sebuah lembaga paud agar dapat menularkan
ilmunya dengan sebaik mungkin dan bermanfaat. Modal dari awal hanya dari pihak
keluarga yang bertanggung jawab atas berdirinya lembaga paud ini, dulu sebelum
paud bertempat di rumahnya sendiri beliau menyewa ruko di dekat puskesmas
jatingaleh untuk tempat pembelajaran paud selama 2 tahun. Setelah masa
menyewanya habis beliau dan sekeluarga bermusyawarah mau dipindahkan kemana
tempat pembelajarannya. Akhirnya di putuskan bahwa tempat pembelajarannya akan
dilangsungkan di rumahnya sendiri.
Dalam
lembaga paud ini di bina dengan keislaman yang kuat agar dapat membuat peserta
didik cerdas, berani, kreatif dan berakhlak mulia. PAUD Taman Firdaus berdiri
pada tahun 2011 di ruko sementara yang semua modal awal dari pendiri/penggagas
program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bp Sudarta pada tahun 2013 hingga
sekarang.
B.
Penentuan berdirinya lembaga PAUD Taman
Firdaus.
a.
Letak TK dan PAUD Taman Firdaus
Letak PAUD Islam Taman Firdaus terletak di
Jalan Jatingaleh 1 No. 284 Kel. Ngesrep Kec. Banyumanik Semarang
b.
Keadaan TK, PAUD, dan KB Taman Firdaus
Keadannya sudah cukup baik sebagai wilayah
edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri, terdiri atas tiga
ruang belajar untuk ruang kelas TK A, ruang kelas TK B dan ruang kelas KB/TPA,
ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan masyarakat seperti
kejar paket ataupun pelatihan keterampilan, toilet, serta halaman bangunan yang
cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif
dalam artian baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.
C.
Dukungan Lingkungan PAUD Taman Firdaus
Dukungan lingkungan sekitar PAUD Taman
Firdaus sudah cukup baik dapat mengkondisikan bahwa ada proses pembelajaran di
kampung halaman yang mereka tempati. Pertamanya juga cukup mengkhawatirkan atas
perilaku masyarakat sekitar dan akhirnya dapat memahami keadaan. Yang dilakukan
pihak keluarga sebelum proses pembelajaran pindah di rumah sendiri mereka
meminta izin kepada masyarakat sekitar bahwa akan ada proses pembelajaran di
sekitar rumah mereka dari berlangsungnya KBM sampai selesai dan akhirnya
masyarakat menyetujui proses pembelajaran tersebut dipindahkan di rumah Bp.
Sudarta.
D.
Pengelompokkan Peserta Didik di PAUD
Taman Firdaus
Lembaga Islam Taman
Firdaus terdiri dari 3 kelas, yaitu:
1.
TPA untuk anak yang berusia 1- 3 tahun
2.
KB untuk anak yang berusia 3-4 tahun
3.
Kelas A untuk anak yang berusia 4-5
tahun
4.
Kelas B untuk anak yang berusia 5-6
tahun
PAUD ini berbasis kereligiusan, karena
melihat sopan santun anak-anak sekarang kepada orang yang lebih tua yang mulai
menurun. Selain PAUD setelah berjalannya waktu juga mendirikan TPA dan RA.
Dalam proses pembelajaran PAUD ini menggunakan kurikulum Permendiknas No.23
tentang PAUD.
E.
Kegiatan Proses Pembelajaran
Program Pembelajaran yang dilaksanakan
di PAUD Taman Firdaus adalah :
1.
Pendidikan Akhlaq
2.
Pendidikan Akademis dan Bahasa
3.
Pendidikan Jasmani
4.
Kreatifitas dan Sains
5.
Drum band, Tari, gambar dan class
cooking
6.
Outing Class
Proses pembelajaran
untuk anak berusia 3-4 tahun hanya masuk mengikuti proses pembelajaran setiap
hari senin sampai kamis. Dan untuk anak berusia 4-6 tahun mengikuti proses
pembelajaran dari hari sanin sampai sabtu. Berikut jadwal-jadwal pembelajaran
TK Islam Taman Firdaus.
JADWAL PEMBELAJARAN
TK dan PAUD ISLAM TAMAN FIRDAUS
HARI
|
KELOMPOK A
|
KELOMPOK B
|
KB
|
SENIN
|
PERSIAPAN
|
BALOK
|
SENI
|
SELASA
|
SENI dan BAC
|
PERSIAPAN
|
PERSIAPAN
|
RABU
|
BAHASA
|
BAHASA
|
BAC
|
KAMIS
|
BALOK
|
SENI dan BAC
|
IMTAQ
|
JUMAT
|
IMTAQ
|
IMTAQ
|
|
SABTU
|
FUN DAY
|
FUN DAY
|
JADWAL HARIAN
TK dan PAUD ISLAM TAMAN FIRDAUS
WAKTU
|
KEGIATAN
|
ISI KEGIATAN
|
07.00 – 07.30
|
Sapa Pagi
Ngaji Yuk
|
Menjemput dan
Menyapa Anak
IQRO’
|
07.30 – 08.00
|
Ayo Berbaris
|
Fisik Motorik
Lagu
Ikrar
|
08.00 – 08.30
|
Kegiatan Pembuka
|
Doa
Asmaul husna
Tadarus
Absen
Cerita
Membuka kalender.
|
08.30 – 09.30
|
Kegiatan Inti
|
Penjelasan Tema
Aturan Main
Belajar seraya
bermain disentra
|
09.30 – 10.00
|
Istirahat
|
Makan Bersama
|
10.00 – 10.30
|
Kegiatan Penutup
|
Pesan Guru
Lagu
Hafalan doa dan
hadits
Doa pulang
|
PROGRAM KEGIATAN
TAHUN 2015 / 2016
NO
|
KEGIATAN
|
PELAKSANAAN
|
SEMESTER I
|
||
1
|
PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN
|
15 Agustus 2015
|
2
|
MANASIK HAJI
|
12 September 2015
|
3
|
PERAYAAN IDUL ADHA (PAWAI)
|
19 September 2015
|
4
|
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN
|
24 September 2015
|
5
|
PERAYAAN TAHUN BARU HIJRIYYAH (PAWAI)
|
13 Oktober 2015
|
6
|
OUTING CLASS KE GOA KREO
|
21 November 2015
|
SEMESTER II
|
||
7
|
GOSOK GIGI WITH FORMULA
|
11 Februari 2016
|
8
|
OUTING CLASS KE PERWIL
|
19 Maret 2016
|
9
|
LOMBA HARI PENDIDIKAN
|
2 Mei 2016
|
10
|
REKREASI AKHIR TAHUN
|
28 Mei 2016
|
Berdasarkan pengamatan saya, strategi pembelajaran yang digunakan para guru
di PAUD
Taman Firdaus adalah strategi
demonstrasi, strategi bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi penugasan.
F.
Kurikulum PAUD Islam Taman Firdaus
Kurikulum yang digunakan PAUD Islam
Taman Firdaus adalah;
1.
Kurikulum Tahun 2004 sesuai dengan
standar dinas dan Permendiknas No.58 yang berisi;
1.
Pengembangan Nilai Agama dan Moral
2.
Pengembangan Sosial-emosional dan
Kemandirian
3.
Pengembangan Kognitif, Bahasa dan Seni.
2.
Kurikulum Khas Taman Firdaus
1.
Qur’an dan Hadits
2.
BTQ dan Qiroati
3.
Bimbingan Akhlaqul Karimah.
SILABUS KURIKULUM KHUSUS
Kelompok
A Semester I
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al-Fatihah
An-Naas
Al-Falaq
Al-Ikhlas
Al-Lahab
Al-Asr
|
Tentang senyum
Jangan marah
Menuntut ilmu
Menutup aurat
Kasih sayang
|
Sebelum makan
Sesudah makan
Sebelum tidur
Bangun tidur
Untuk Orangtua
|
Basmalah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih
|
Kelompok
A Semester II
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
An Nashr
Al Kautsar
Al Quraisy
Al Maun
|
Menyebar salam
Tentang surga
Kebersihan
Tentang sholat
Persaudaraan
|
Kebaikan dunia-akhirat
Masuk rumah
Keluar rumah
Masuk dalam WC
Keluar dari WC
|
Tahmid
Istighfar
Istisna’
|
Kelompok
B Semester I
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al Kafirun
Al Fiil
Al Humazah
At Takasur
|
Berbuat baik
Jangan makan sama berdiri
Mencuci tangan
Menggosok gigi
Niat
|
Naik kendaraan
Berpakaian
Bercermin
Masuk masjid
Keluar masjid
|
Basmallah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih
|
Kelompok
B Semester II
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al Qodr
Al Qoriah
At-tiin
Al Insyiroh
|
Adab berkendaraan
Ilmu menuju surga
Jangan berdusta
Keutamaan belajar Al-Qur’an
|
Sesudah berwudlu
Selesai adzan
Menjenguk orang sakit
Mendengar petir
Penutup majlis
|
Tahmid
Istighfar
Istisna’
|
G.
Pengelolaan Administrasi
Dalam proses administrasi pada awalnya
secara suka relawan dari orang tua murid. Namun dengan memberikan pengertian,
saling terbuka antara pihak pengelola dengan orang tua murid dan kesadaran dari
orang tua murid dulunya membayarnya suka relawan maka sekarang sudah
ditentukan.
Untuk pengelolaan administrasi masih
dipegang langsung oleh kepala sekolah yang merupakan pendiri dari PAUD Taman
Firdaus setiap sebulan sekali paling lambat tanggal 10. Juga diadakan membayar infaq, shodaqoh dan
menabung. Selain dana dari orang tua murid untuk menambah penghasilan untuk
uang kesejahteraan guru yang mengajar pengelola juga membuka koperasi sekolah.
H.
Kegiatan Operasional TK dan PAUD Islam
Taman Firdaus
1.
Kegiatan Siswa
Berdasarkan hasil observasi saya, untuk siswa TK masuk pada jam 07.00 WIB, siswa PAUD dan KB/TPA masuk pada pukul 07.30 WIB. Anak-anak datang sebelum jam masuk dengan
diantar oleh keluarganya. Anak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti yang sudah diuraikan di
bawah ini. Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat
permainan outdoor. Anak-anak pulang pada pukul 10.30
sedang khusus KB/TPA akan di tunggu sampai pukul 14.00 WIB setiap harinya.
2.
Kegiatan Guru
Jumlah guru yang mengajar ada 4 orang, dengan masing masing kelas satu guru. Guru membersihkan dan menata ruang kelas kemudian baru memulai
pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang
digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya
di ruangan kantor baru kemudian pulang. Berikut adalah jadwal
guru yang sudah ditetapkan;
JADWAL KEGIATAN GURU
HARI
|
KEGIATAN
|
SENIN
|
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
|
SELASA
|
SENI (MENYANYI, MENARI)
|
RABU
|
TADARUS
|
KAMIS
|
KKG SEKOLAH/ GUGUS
|
JUMAT
|
JUMAT BERSIH
|
SABTU
|
INSIDENTAL
|
3. Kegiatan Orang Tua /
Pendamping
Siswa datang dengan diantar orang tua mereka, karena demi
keselamatan anak-anak mereka. Setelah
anak-anak diantar orangtua atau pendamping langsung pulang, karena tidak
diperbolehkan anak sedang belajar ditunggu sampai pembelajaran selesai,
gunannya untuk melatih anak-anak berani dan menunmbuhkan rasa percaya diri pada
dirinnya. Setelah jam KBM selesai baru orangtua kembali ke sekolah untuk
menjemput anak-anak, apabila ada yang belum dijemput anak tersebut tetap
disekolah menunggu sampai jemputan datang.
I.
Penyiapan Perabot Alat Peraga Edukatif
Dalam lembaga PAUD Islam Taman Firdaus
terdapat alat-alat permainan indoor dan outdoor yang digunakan untuk bermain
peserta didik.
1.
Alat Permaninan Indoor;
1.
Gambar presiden dan wakil presiden
2.
Gambar pancasila
3.
Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
4.
Poster bergambar sholat 5 waktu
5.
Poster bergambar huruf hijaiyah
6.
Poster bergambar tata cara wudhu
7.
Poster bergambar nama hari-hari
8.
Poster bergambar angka
9.
Poster bergambar rukun islam
10. Almari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
11. Tempat duduk dan meja siswa
12. Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
13. Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
14. Funny blocks (alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran
dan warna yang berbeda.
15. Alat mencocok
16. Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran,
puzzle binatang, puzzle gambar buah)
17. Balok susun
18. Dan lain-lain
2.
Alat Permainan Outdoor.
1.
Ayunan (ayunan gantung dan ayunan geser)
2.
Prosotan
3.
Jungkat-jungkit
4.
Jembatan pelangi
5.
Bola dunia
6.
Kuda-kudaan dari kayu
7.
Dan lain-lain
J.
Pendaftaran Calon Peserta Didik
Calon peserta didik
mendaftar sesuai dengan bulan yang sudah ditentunkan di akhir semester genap
biasannya dilakukan sebelum tahun ajaran baru. Syarat pendaftaran yang ada pada
PAUD Islam Taman Firdaus sebagai berikut;
1.
Membayar uang pendaftaran
2.
Mengisi formulir pendaftaran
3.
Mengumpulkan foto copy akte kelahiran
4.
Berusia minimal 2 tahun untuk Kelompok
Bermain
5.
Berusia minimal 4 tahun untuk Kelompok A
6.
Berusia minimal 5 tahun untuk Kelompok B
BAB III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
KESIMPULAN
Dari observasi ini,
dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Lembaga PAUD/KB/TPA/TK didirikan dan di
kelola oleh suatu Yayasan Bina Insan Kamil.
2. Guru – guru yang mengajar di
PAUD/KB/TPA/TK sudah mempunyai pendidikan yang sesuai untuk jadi guru.
3.
Anak – anak di TK sudah lebih besar
sekitar umur 4-6 tahun.
4. Anak – anak di PAUD/KB/TPA sekitar umur
3-4 tahun.
5. Fasilitas dan sarana
prasarana di PAUD/KB/TPA/TK sudah lengkap.
6.
Proses pembelajaran di PAUD/KB/TPA/TK sudah
teratur dan disiplin.
7. Kurikulum yang sudah dibuat di PAUD/KB/TPA/TK
sangat baik dan membuat peserta didik lebih cerdas dalam belajar.
B.
SARAN
Dari
analisis observasi, saya mempunyai saran untuk Yayasan PAUD/KB/TPA/TK Islam
Taman Firdaus. Mudah- mudahan saran ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan
belajar mengajar di Taman Firdaus:
Saran dari penulis antara lain:
1. Sebaiknya TK lebih menciptakan lingkungan
yang kondusif sehingga murid- murid nyaman dan senang dalam belajar.
2. Adanya hubungan baik antara guru dan wali
murid.
3. Lebih bisa disiplin waktu dan bisa
mengatur waktu yang efektif sehingga pembelajaran berjalan baik.
4. Pengelolaan yang baik perlu di tingkatkan
agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
5. Lebih melengkapi
fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar proses
pembelajaran.
BAB IV
PENUTUP
Dengan mengucapkan
syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di dapat di Yayasan
PAUD/KB/TPA/TK Islam Taman Firdaus dapat terselesaikan dengan lancar. Laporan
hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang
nantinya akan saya butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar
yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Sebagai penutup
dari laporan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak- pihak yang
membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Saya menyadari bahwa
dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan.
Oleh karena itu, saya minta maaf dan saya mengharapkan saran serta kritik yang
membangun. Demikian hasil observasi yang saya buat, semoga
laporan hasil observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
LAMPIRAN DOKUMENTASI
BELAJAR DARI LAP. OBS TK INI, TERIMAKASIH BERBAGI ILMU, SEMOGA HASIL KARYA DALAM OBSESERVASI TK BERMANFAAT MASLAHAH BAGI UMAT
ReplyDelete